Tuesday, April 21, 2015

Kinerja Investasi Pribadi Jan - Maret 2015

22 April 2015
Penulis mencatatkan kinerja  tiap akhir bulan yang dimulai dari tahun 2014 bulan Mei dan memulai belajar  investing ala value di bulan akhir Agustus 2014. Jadi untuk kinerja value investing belum ada hasilnya. Setelah membaca beberapa buku tentang value investing saya menyadari ada kesalahan yang saya lakukan yaitu value investing itu bukan melihat saham saham murah secara valuasi atau hanya melihat PER dan PBV, anda pasti akan terjebak seperti saya.  Value investing itu sebenarnya lebih kompleks dan saya akan mencoba untuk menshare kesalahan kesalahan saya dan pandangan saya dalam saham saham yang saya pegang maupun yang lagi saya perhatikan di artikel selanjutnya. Sebenarnya penulis ingin mempelajari lebih dalam lagi tentang value investing sebelum menerapkannya, tapi apaboleh buat saya harus belajar sambil mengambil resiko tersebut. Sampai akhir Maret 2015, saya menyisahkan kas 27%. Sampai sekarang saya sendiri masih melakukan trade jangka pendek. Dan ada beberapa saham yang saya memang hold untuk jangka panjang setelah menganalisa lebih lanjut. Sehingga kinerja yang anda lihat tidak sepenuhnya hasil dari value investing. Tapi penulis pasti akan berusaha lebih kuat lagi untuk mencari peluang value investing.


Berikut kinerja dan sektor portfolio saya:
Jika anda lihat porfolio saya di bulan Agustus 2014- Desember 2015, saya cukup beruntung karena sebenarnya saya belum begitu memahami bagaimana cara investasi yang betul (sampai sekarang juga masih proses belajar). Sebelum Agustus 2014, hasil itu merupakan hasil trading dengan hanya membaca chart dan volume.

Baiklah mari saya bahas apa yang saya lakukan di Januari - Maret 2015
1.Trade jangka pendek dalam saham INTP dan SMGR karena penurunan dari akibat turun Rp 3000/sak ( dana dipakai 15% dari total) keuntungan 3.7%
2. PGAS 20% dari portfolio, rata rata harga Rp 5350/saham .Rencananya trade jangka pendek, tapi sayangnya penulis melanggar janji dan terbius akibat dari label yang diberikan kepada saham tersebut (Kata banyak orang SAHAM DEFENSIF) . Saya menyalahkan diri saya sendiri mengapa harus tergiur(karena saham ini merupakan LQ45 dan turun sewaktu teman teman LQ45 nya sedang naik dan kinerjanya FY 2014 sebenarnya tidak seburuk isu yang dikeluarkan) dan jujur saja pada saat itu penulis memegang hampir 40% kas dan binggung mw diapakan. Pelajarannya sungguh bagus yaitu lebih baik memegang kas daripada menspekulasi dengan dana yang besar. Dan saham inilah yang membuat kinerja jan-maret 2015 menurun cukup dalam
3.UNTR mulai menyicil menjualnya di harga Rp 22.000 dan menyisahkan 1/3 dari pembelian sementara. Alasan menjual karena menganti saham tersebut dengan saham yang masih wajar menurut saya.
4.KDSI, menjual sedikit dan menggantikannya saham yang lain.
5. PTRO menyicil membeli setelah yakin dalam hasil analisa. 






Catatan: Saya tidak merekomendasi untuk membeli dan menjual sebuah saham. Yang saya tampilkan ada hasil dari trade saya. Tujuan tulisan ini agar saya dapat mereview kinerja saya sendiri dikemudian hari dan mungkin pembaca dapat memetik suatu pembelajaran. 
Investment in your hand!


No comments:

Post a Comment